Tips Mempercepat Komputer

10 tips mempercepat Windows

Feb 27th, 2008 by amin888

Ini bagi yang masih pake Windows, truz gondok abiz karena entah kenapa komputer jadi makin hari makin lambat

Start Up Lambat
Klik Run dalam menu Start
Ketik msconfig
Di tab ‘Start Up’, uncek program-program yang Anda tidak butuhkan

Bisa juga gunakan program StartUp Delayer di mana kita bisa atur berapa lama program favorite kita dijalankan setelah Windows boot, misalnya instant messenger di-load 50 detik setelah Windows start-up

Start Menu lambat munculnya
Jika item-item di Start Menu lambat munculnya :
Buka Registry Editor dengan mengetik ‘regedit.exe’ di menu Run.
Di HKEY_CURRENT_USER\Control Panel\Desktop, cari MenuShowDelay, dobel-klik utk mengubah value-nya. Lebih rendah lebih cepat Start Menu di load

Menu Klik-Kanan lambat
Lambat, mungkin karena terlalu banyak program yang tidak dibutuhkan.
Bisa pakai Mmm untuk mengeditnya.

Menu Send To lambat
Ketik ’sendto’ (jangan dispasi) di menu Run, buang item-item yang diinginkan muncul di Windows Explorer

Defrag lambat
Pakai Defraggler. Gratis dan bekerja lebih cepat dari yang Windows punya.

Windows My Computer lambat loadingnya
Di Windows Explorer, klik menu Tools – Folder Options – View dan uncek ‘Automatically search for network folders and printers’

Windows Add Remove lambat loadingnya
Iya capek nunggunya
Gunakan CCleaner atau MyUninstaller sebagai penggantinya.

Lambat kalo mau matikan program yang hang
Jika klik End Task, kan itu program tidak otomatis langsung di-terminate. Klik menu Run, ketik regedit.exe, buka HKEY_LOCAL_MACHINE\System\CurrentControlSet\Control\ dan ubah nilainya menjadi 1000

Sederhanakan tampilan Windows untuk meningkatkan performance
Buka Control Panel
Klik System
Klik ‘Advanced’
Klik ‘Performance’
Klik ‘Adjust for best performance’

Ini akan membuat komputernya cepat, sedikitlah.
Tips tambahan
Gunakan CCleaner untuk membersihkan registry entries yang tidak berguna
Install program yang benar-benar kita mau pakai. Jangan asal install.
Kurangin jumlah program yang jalan di System Tray.

Tips Mempercepat Koneksi Internet

Secara default, untuk koneksi internet, Windows membatasi sampai dengan 20% dari total bandwidth. Dengan kondisi seperti ini masih mungkin untuk mempercepat koneksi internet dengan mengurangi limit tersebut atau bahkan mengosongkannya. Ikuti salah satu tips mempercepat koneksi internet di samping tips-tips lainnya bersama Tips n Trik Komputer.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

1. Klik Start >> Run >> kemudian ketik gpedit.msc dilanjutkan dengan menekan OK atau ENTER hingga akan muncul jendela group policy editor.

2. Kemudian klik Computer Configuration >> Administrative Templates >> Network >> Qos Packet Scheduler >> hingga tampilannya seperti di bawah ini.

3. Kemudian pada kolom sebelah kanan klik double “Limit reservable bandwidth” hingga muncul jendela Limit reservable bandwidth Properties, seperti di bawah ini.

4. Kemudian pilih enabled dan pada Bandwidth limit (%) isi dengan nilai yang minimal jika perlu nol.

5. Kemudian tekan OK atau Apply.

6. Restart PC atau laptop Anda.

7. Selesai

Sekarang, pastikan Anda mendapati koneksi internet yang lebih cepat.

MANIPULASI ICON DENGAN SCREENSHOT DESKTOP

Desktop merupakan tempat icon-icon atau shortcut. Dengan icon atau shortcut, kita dapat menjalankan aplikasi (program) atau memanggil file/folder dengan cepat tanpa harus melalui “ritual” konvensional (Start > Pilih Program > …….). Bagaimana seandainya. icon yang dieksekusi tidak beraksi apa-apa? Yang jelas, kita akan bingung atau bahkan menganggap komputer hang atau bahkan rusak.
Pada tips dan triks kali ini, kita akan membuat icon yang berusaha dieksekusi user / orang lain tidak bereaksi apa-apa, yaitu dengan cara menjadikan screenshot desktop sebagai background.

Aplikasi yang dibutuhkan sudah “build in” seperti MS Paint atau dapat juga menggunakan pengolah gambar yang lain, seperti Ulead Photo Impact, Adobe Photosop, dan lain-lain.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
1. Tutup semua aplikasi yang mungkin masih berjalan kemudian tekan Print Screen pada keyboard.
2. Buka MS Paint (atau pengolah gambar lain) dengan mengKlik Start > Program > Accesoriess > Paint seperti gambar di bawah ini.
3. Kemudian pada MS Paint, pilih menu Edit pilih Paste (lihat gambar di bawah ini)
4. sehingga gambar desktop (screenshot) berada di lembar kerja MS Paint.
5. Selanjutnya simpan gambar tersebut dengan memilih File > Save As > pilih folder tempat menyimpan gambar tersebut.
6. Selanjutnya, pada MS Paint, pilih File > Save As Background (Centered).
7. Tutup MS Paint.
8. Selanjutnya pada area kosong di desktop, klik kanan pilih Arange Icon by klik Show Desktop Icon (dengan tujuan menyembunyikan icon). Maka background berupa screenshot desktop sudah tampil beserta “icon-icon”nya seperti gambar di bawah ini.
9. Coba sekarang klik salah satu icon. Apa yang terjadi adalah icon tersebut tidak bereaksi apa-apa.
10. Untuk mengembalikannya (agar icon bisa diakses/dieksekusi) klik kanan pada area kosong pada Desktop kemudian pilih Arange Icon by kemudian klik pada Show Desktop Icon (menampilkan kembali icon pada desktop)
(Sumber : PC Mild)

Tips mempercepat proses computer kita

Januari 20, 2008

Tidak ada salahnya menggunakan komputer apa adanya. Tentu saja, ada risikonya. Misalnya, komputer kian hari kian lambat. Padahal perawatan sudah dijalankan. Baik meng-update driver, menghapus file sampah, dan beragam perawatan rutin lain.

Sebel memang jika PC tidak menuruti kemauan kita sebagai pemiliknya. Semua masalah yang mungkin timbul seperti di atas disebabkan PC yang liar. Seperti kuda dari padang rumput, sebelum digunakan harus dijinakkan terlebih dahulu. Agar kita terhindar dari ketidaknyamanan menungganginya.

Berikut ini akan dijelaskan beberapa Tip Mempercepat Proses Komputer, baik di rumah maupun di tempat kerja.

Seiring dengan waktu, lama kelamaan PC terasa makin lambat dan ‘berat’. Apa saja yang dapat dilakukan untuk menanggulanginya?

Langkah pertama mempercepat boot via BIOS. Untuk keterangan selengkapnya, Anda dapat melihatnya pada “Menguak Tabir BIOS” di PC Media 04/2004.

Selanjutnya mulai ke area operating system. Untuk Windows XP, mulai dengan membuka System Configuration Utility. Pada tab BOOT.INI, beri tanda centang pada “/NOGUIBOOT”. Ini akan mempersingkat waktu boot dengan menghilangkan Windows startup screen.

Pada tab Startup, seleksi ulang seminimal mungkin item yang sangat dibutuhkan. Hal yang sama juga dilakukan pada service yang dijalankan. Usahakan jumlah service yang ter-load tidak lebih dari 25.

Windows XP memang tampak begitu memukau pada tampilannya. Jika kebutuhan utama Anda adalah kecepatan dan bukan keindahan, setting ulang interface ini dapat menambah kecepatan. Masuk ke System Properties, pilih tab Advanced. Setting ulang pada pilihan Performance. Kemudian pilih “Adjust for Best Performance” pada tab Visual Effects.

Menghilangkan wallpaper dan minimalisasi jumlah desktop icon juga dapat mempercepat PC Anda. Kurangi jumlah desktop icon sampai maksimal lima buah.

Menghilangkan bunyi pada event Start Windows juga akan mempercepat proses boot. Mau lebih cepat lagi? Pilih “No Sounds” pada sound scheme.

Berapa jumlah font yang terinstal pada Windows Anda? Makin banyak jumlah font yang terinstal akan menambah berat beban kerja PC Anda. Windows secara default menyertakan sejumlah kurang dari 100 font. Usahakan jumlah font yang terinstal pada kisaran 150 font.

Anda rajin meng-update driver? Bagus. Namun tahukah Anda, file-file yang digunakan driver lama Anda dapat memperlambat PC. Cara paling mudah menggunakan utility tambahan seperti Driver Cleaner. Utility ini membersihkan driver nVidia dan ATI terdahulu. Driver Cleaner 3.0, juga dapat membersihkan driver lama beberapa chipset motherboard, sound card, dan lain-lain.

Semoga beberapa tip tersebut bermanfaat bagai PC Mania. Selamat mencoba!. (Dikutip dari Ilmu Komputer)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s