TIP untuk Laptop

Tips Sederhana Merawat Laptop Anda

Masih ingat sama ungkapan ini, “Kembali ke.. Laptop”? Tak bisa dipungkiri lagi, saat ini keberadaan Laptop sudah merupakan sebuah kebutuhan sehari-hari kita. Berbagai macam merk Laptop kini tersedia di pasaran sehingga memudahkan kita untuk memilihnya, apalagi dengan kisaran harga yang semakin murah tapi dengan fitur-fitur yang semakin canggih.

Tapi semahal dan secanggih apapun Laptop kita, kalau tanpa perawatan yang baik, maka jangan mengharapkan Laptop kita akan berumur panjang dan bekerja dengan baik. Nah bagi anda yang punya Laptop, ada baiknya anda coba tips sederhana merawat laptop berikut ini, mudah-mudahan bermanfaat.

1. Bersihkan layar secara teratur.
Layar boleh dikatakan sebagai elemen Laptop yang paling mahal dan berharga. Karena itu berilah perhatian lebih pada layar laptop anda. Bersihkan layar secara teratur dengan menggunakan kain yang sangat lembut. Jangan sekali-kali menggunakan kain kasar yang ada motifnya karena bisa membuat goresan pada layar laptop anda. Kalau anda ingin menggunakan cairan pembersih, jangan semprotkan cairan tersebut langsung pada layar anda, tapi cukup anda semprotkan pada kain yang akan anda gunakan untuk membersihkan layar. Selain itu pilihnya cairan pembersih khusus jangan memakai sembarang pembersih.

2. Jaga Laptop anda dari Debu dan Cuaca
Hindari pemakaian laptop di tempat yang berdebu misal di jalan raya. Bersihkan secara teratur laptop anda dari debu dan pakailah pelindung saat anda menyimpan laptop anda sehingga terbebas dari debu. Selain itu perhatikan cuaca saat anda memakai laptop, jangan menggunakan laptop di tempat yang ekstrim panas ataupun sebaliknya cuaca yang terlalu dingin. Sederhananya, ketika tubuh anda merasa nyaman dengan cuaca suatu tempat/daerah, maka Laptop pun akan merasakan demikian. Tapi ketika anda merasa gerah/kepanasan atau kedinginan dengan cuaca suatu tempat, maka sebaiknya anda menghindari pemakaian laptop di tempat seperti ini. Jadi, apa yang terbaik buat anda itulah yang terbaik buat Laptop anda.

3. Jangan meletakkan benda-benda berat diatas Laptop.
Bagian Laptop seperti layar dan hardisk sangat rentan terhadap tekanan, karena itu jangan sekali-kali meletakkan benda diatas laptop anda.

4. Jauhkan Laptop Anda dari peralatan yang memancarkan Arus Magnetik
Hindari memakai Laptop di tempat yang mempunyai tekanan magnetik cukup tinggi. Paling tidak letakkan laptop anda 15 cm dari peralatan seperti televisi, microwave yang mempunyai tekanan magnetik tinggi.

5. Jangan Makan dan Minum di dekat Laptop
Emang enak sih chatting, browsing atau main game di laptop sambil ngemil, makan dan minum. Tapi justru kesenangan kecil ini bisa membahayakan Laptop anda. Tetesan sekecil apapun dari air minum pada laptop bisa membuat laptop anda rusak. Jadi sebaiknya hindari makan dan minum di dekat Laptop. Kalaupun anda terpaksa memakai Laptop sambil makan dan minum, (karena anda berada di Café untuk menikmati hotspot gratis) selalu berhati-hati saja, jangan sampai makanan dan minuman anda mengenai laptop.

6. Selalu Pergunakan Tas khusus buat Laptop
Tak ada salahnya anda untuk membeli tas khusus buat laptop anda, sehingga saat anda membawa Laptop anda bisa lebih aman. Pilihlah tas buat laptop yang keras di luar tapi sangat lembut di dalam, sehingga meskipun terkena goncangan keras, laptop anda masih tetap aman. Selain itu hindari memasukkan benda-benda lain seperti buku, bollpoin atau DVD sekalipun ke dalam tas laptop anda, untuk menghindari terjadinya gesekan benda-benda tersebut dengan laptop anda.

7. Jangan Tinggalkan Laptop Anda di dalam Mobil
Ada beberapa faktor yang bisa membuat laptop anda rusak, salah satunya karena cuaca panas. Dengan meninggalkan Laptop di dalam mobil, selain resiko kepanasan, ada resiko yang lebih besar yaitu Laptop anda bisa dengan mudah digondol oleh maling atau pencuri, karena itu hindarilah meninggalkan laptop sendirian di dalam mobil.

8. Perhatikan baik-baik Battery Laptop Anda
Perhatikan selalu indikator batery laptop anda, jangan sampai anda mengalami krisis energi. Charge-lah ketika indikator batery benar-benar mau habis (Sekitar 10-5 persen). Untuk lebih memperpanjang umur batery cobalah untuk mengurangi kecerahan layar laptop anda, Aktifkan “Standby” dan “Hibernation” power saving. Kalau anda tidak menggunakan laptop untuk jangka waktu lama, sebaiknya lepaskan batery dari laptop anda setelah sebelumnya dicharge sampai full, kemudian simpan di tempat yang kering, jauhkan dari panas dan debu.

9. Back Up data anda secara teratur
Sebaiknya anda melakukan backup secara teratur terhadap file-file penting dengan menggunakan flashdisk atau CD.

10. Shortcut to Success
Letakkan shorcut dari program-program yang sering anda gunakan di desktop, sehingga anda bisa cepat dan mudah ketika akan mempergunakan program tersebut.

11. Hapus file-file yang Tidak Penting
Hapuslah file-file yang tidak penting dari Laptop, sehingga hardisk anda tidak dipenuhi oleh file-file yang tidak berguna.

12. Defrag Hardisk anda secara teratur
Biar kinerja dan kecepatan hardisk tetap dalam kondisi terbaik, sebaiknya lakukan Defrag secara teratur.

13. Jangan Sentuh Optik DVD atau CD Drive
Ketika akan memasukan sebuah DVD atau CD sebaiknya berhati-hati, jangan sampai jari anda tanpa sengaja menyentuh optik dari DVD atau CD Drive anda yang akan menyebabkan DVD/CD Drive anda tidak bisa membaca DVD/CD.

14. Berilah Napas pada Hardisk Anda
Ketika anda men-Shut Down Laptop anda, sebaiknya berilah waktu 30 detik sampai 1 menit sebelum anda menyalakan (Start Up) kembali. Biar hardisk anda bisa sedikit bernapas terlebih dahulu. Selain jangan sekali-kali men-Switch Off laptop anda ketika indikator hardisk masih berkedip-kedip.

15. Jangan terlalu keras dan cepat menekan tombol keyboard.
Kalau anda terbiasa mengetik dengan sangat cepat dengan tekanan yang keras saat menggunakan keyboard biasa, sebaiknya jangan anda lakukan ketika anda mengetik di Laptop anda. Keyboard biasa dengan Keyboard Laptop sangat jauh berbeda. Keyboard Laptop lebih sensitive dan rentan sekali dibandingkan keyboard biasa.

Windows XP…. wush….. wush……..!

Windows anda semakin lambat dari hari ke hari? Tip-tips berikut akan menjadikan Windows anda lebih cepat daripada yang anda rasakan selama ini. Satu hal yang mesti diperhatikan, tips yang akan dikemukan di bawah ini mengakses jauh ke sistem windows sehingga mengandung resiko. Jadi demi mendapatkan hasil yang maksimal disarankan anda untuk berhati-hati.

1. Mempercepat Start Up
Pada menut RUN ketika msconfig, pada tab start up, hilangkan tanda centang pada program-program yang tidak ingin anda jalankan pada saat Windows dijalankan.

2. Matikan layanan yang tidak perlu
Klik ‘Start | Run’ dan buka jendela ‘Services’ dengan perintah berikut.
services.msc

klik kanan pada layanan yang tidak anda perlukan misal pada ‘Wireless Zero Configuration’, klik Propertis, klik Stop (bila layanan ini emang sedang berjalan), terus pada Start Up ubah menjadi Disable atau Manual sesuai kebutuhan anda.

3. Bersih-bersih registry
Bila registry tersumbat, Windows tidak berfungsi dengan lancar dan mulai merayap. Saatnya untuk bersih-bersih. Separah apa registry Anda terbebani dengan yang tidak perlu, tergantung jumlah program yang terinstalasi. Entri-entri mana saja yang membengkakkan registry dan melumpuhkan Windows XP? Baca penjelasan berikut.

Nilai dalam kunci-kunci Autoexec:

Program-program yang dijalankan saat start tercantum dalam subkey ‘Run’ dan ‘Run Once’ di lokasi

‘HKEY_LOCAL_MACHINE\ Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion’.

Terlalu banyak entri akan memperlambat start Windows.

Tipe file yang tak digunakan: Semua akhiran file terkait dengan aplikasi tertentu. Sebagai contoh, ‘acw’ terkait dengan wizard Help (accwiz.exe). Jika Anda tidak membutuhkannya, singkirkan akhiran ini. Tabel akhiran file dan aplikasi terkait dapat Anda lihat di http://www.endungen.de.

Tidak berlaku: Anda dapat melacak entri-entri yang tidak berlaku dengan RegSeeker. Saat tool memberi laporan, biasanya ia menemukan trojan atau spyware.

Links yatim-piatu: Bila program tidak menyingkirkan entri-entri dalam registry saat uninstall, Anda memiliki file-path yang tidak mengantar ke mana pun. Link semacam ini juga ditemukan oleh RegSeeker.

Singkirkan entri-entri tersembunyi dalam registry

Entri-entri tersembunyi tidak dapat ditampilkan dengan regedit maupun disingkirkan dengan cleaning-tool seperti RegSeeker. Kabarnya, tool anti-spyware yang canggih seperti ‘Hijack this’ juga gagal pada entri-entri registry yang lebih panjang dari 256 karakter dan rangkaian karakter ANSI 8 bit yang berakhiran 0.

Meneropong registry Perintah reg juga menemukan entri-entri yang dengan sengaja disembunyikan di dalam registry.

Untuk membersihkan folder Autoexec dengan tuntas, Anda membutuhkan baris perintah internal Windows. Jalankan regedit atau tool seperti RegSeeker dan bersihkan kunci

‘HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Microsoft\Windows\ CurrentVersion\Run’ dari semua entri yang tidak diperlukan seperti biasa. Selanjutnya, klik ‘Start | Run’ dan buka DOS-box dengan perintah berikut.

cmd

Untuk menemukan entri-entri tersembunyi, ketikkan perintah berikut.

reg•query•HKLM\Software\Microsoft\
Windows\CurrentVersion \Run•/s

Jika Anda menemukannya, hapus dengan perintah berikut.

reg•delete•HKLM\Software\Microsoft\
Windows\CurrentVersion\Run\Nilai•tersembunyi

Catatan: Perintah ‘Reg’ menawarkan banyak fungsi yang penjelasannya dapat Anda baca dengan mengetikkan perintah berikut.

reg•/?

4. Percepat download

Dengan SP2, Microsoft telah membatasi jumlah koneksi paralel TCP/IP menjadi 10 buah. Ini memberikan keamanan, tetapi menghambat kerja bursa-tukar. Singkirkan pembatasan ini dengan sebuah patch yang memodifikasi file ‘tcpip.sys’ dan sebuah registry-hack.

Pertama, download ‘EvID4226Patch’ (www.lvllord.de) dan ekstrak file ZIP-nya. Setelah mengklik ganda file EXE yang ada, akan tampak sebuah jendela DOS yang menanyakan apakah Anda ingin meningkatkan batas menjadi 50. Konfirmasikan dengan menekan tombol [Y] dua kali untuk menjalankan patch. Berikutnya, jawab jendela keamanan Windows dengan mengklik ‘Stop’ dan ‘OK’.

Kemungkinan besar, virus-scanner Anda akan melaporkan adanya bahaya karena trojan juga menggunakan teknik yang sama seperti patch ini untuk menyebarkan diri lebih cepat. Abaikan laporan yang muncul dan matikan sementara virus-scanner Anda.

Patch hanya meningkatkan jumlah koneksi yang setengah terbuka (ada dalam waiting-list). Karena jumlah koneksi TCP/IP biasa dibatasi 10, Anda perlu mengubah satu nilai dalam registry. Windows XP memungkinkan penggunaan sampai 16.777.214 koneksi paralel.

Jalankan registry-editor, masuk ke kunci

‘HKEY_LOCAL_MACHINE\System\CurrentControlSet\Services\Tcpip\ Parameters’.

Buat sebuah nilai DWORD dengan nama ‘TcpNumConnections’ dan beri nilai ‘00fffffe’ (hexadecimal) atau ‘16777214’ (decimal). Setelah restart, tidak ada lagi pembatasan jumlah koneksi.

Matikan yang Tidak Perlu, Percepat Graphics card

5. Matikan fungsi POSIX

Posix memungkinkan penggunaan fungsi-fungsi Unix di bawah Windows—menurut Microsoft tidak lagi didukung sejak Windows XP digunakan. Namun, para pembuat Windows merahasiakan bahwa sebenarnya Posix masih berfungsi di latar belakang. Ia mengkonsumsi resource sistem dan membuka celah keamanan. Melalui registry Anda dapat mematikan Posix.

Jalankan registry-editor dan masuk ke kunci ‘HKEY_LOCAL_ MACHINE\ System\CurrentControlSet\Control\ SessionManager\SubSystems’. Di sana Anda akan menemukan entri ‘Optional’. Di bawah ‘Value’ tercantum teks ‘Posix’ yang berarti layanan ini aktif. Untuk mematikannya, klik ganda entri ‘Optional’ dan hapus kata ‘Posix’. Setelah restart, layanan Posix akan dimatikan.

6. Optimalkan Autoexec

Misalkan Anda ingin menjalankan aplikasi Word bersama Windows. Namun, bila Anda sekadar memindahkan shortcut ‘Word.exe’ ke dalam folder Autoexec, start Windows akan menjadi lambat. Masalah ini dapat diatasi dengan sebuah script VBS yang akan menjalankan aplikasi setelah Windows start. Untuk membuat script, jalankan notepad. Ketikkan perintah berikut.

Option•Explicit
Dim•objshell
Dim•WaktuTunggu
WaktuTunggu•=•30000
WScript.sleep•WaktuTunggu
Set•objshell•=•Wscript.Create
Object(»Wscript.shell«)
objshell.Exec•(»path•ke•file•word.exe«)

Nilai ‘WaktuTunggu’ menentukan kapan aplikasi akan dijalankan. Dalam contoh, Word akan dijalankan setelah 30.000 milidetik atau 30 detik. Pada sistem yang di-setting dengan benar, semua layanan Windows yang relevan akan dijalankan setelahnya. Masukkan path ke ‘Word.exe’ setelah ‘objshell.exec’ dengan tepat dan simpan dengan nama ‘start.vbs’. Tentu saja Anda dapat memasukkan aplikasi selain Word. Jika Anda ingin menjalankan beberapa aplikasi, tambahkan saja perintah objshell.exec lain di bawahnya. Kebanyakan virus-scanner menunjukkan reaksi alergi terhadap VBS-script. Coba klik ganda script yang baru dibuat tadi. Bila Anda mendapatkan laporan dari virus-scanner, ijinkan script untuk dijalankan. Selanjutnya, copy ‘start.vbs’ ke folder ‘Autoexec’. Setelah restart, aplikasi akan dijalankan setelah Waktu Tunggu terlewati, sementara Windows XP dapat langsung digunakan

7. Matikan layanan indeks file

Klik ‘Start | Run’ dan buka jendela ‘Services’ dengan perintah berikut.

services.msc

Klik kanan ‘Indexing Service’ dan pilih ‘Stop’. Anda masih perlu mematikan indeksasi pada setiap partisi. Untuk itu, klik kanan salah satu partisi, misalnya ‘c:\’, lalu buka ‘Properties’. Matikan ‘Index drive for quick file-search’. Dalam dialog berikutnya, beritahu Windows bahwa setting ini berlakun untuk subfolder. Tergantung ukuran hard disknya, proses ini bisa berlangsung cukup lama. Setelah selesai, restart PC.

Untuk pencarian file di komputer anda pergunakan “Google Desktop Search” yang lebih powerfull dibandingkan dengan tool pencari bawaan windows

Tips sederhana mengenali virus (lokal)

semakin marak virus yang beredar di dunia maya,bikin gokil banget rasanya…..udah kayak virus dunia nyata saja,yang juga bisa bikin orang kelenger. walaupun kedua virus tersebut hidup di dua dunia yang berbeda,tapi keduanya memiliki persamaan yaitu membuat hidup yang di tulari jadi sengsara….
namun,virus kali ini cuma ada di dunia maya,klo dunia beneran ntar deh……ada beberapa tips sederhana, namun cukup berhasil dalam menghadang lajunya virus masuk ke kompie (PC) :

1. biasakan untuk mengecek apakah ada file asing yang masuk dalam media penyimpanan kita,kayak Flashdisk(UFD), Disket (Floopy disk),CD,DVD atau yang lainnya seperti segala jenis kartu memori.

2. Munculkan file hidden anda beserta file system yang disembunyikan windows,juga cek kembali apakah terdapat ekstensi yang mencurigakan seperti file word dan folder memiliki ektensi .exe caranya sendiri dengan masuk ke folder option ubah ke tab view – trus pilih “show hidden files and folder” bagian bawahnya juga uncheck “hide ekstension for….” untuk memunculkan ekstensi.

3. lihat kolom “type” pada explorer apakah file tersebut memiliki type yang sesuai, seperti word memiliki
ekstensi *.doc dan type microsoft word document. (namun jika kompie sudah terinfeksi hal ini sudah tidak
berlaku, karena virus sudah mengubah semua seting kompie kamu).

4. jika suatu saat kamu nemuin file dengan icon word tapi punya ekstensi *.exe, sudah pasti adalah virus
yang berkamuflase dengan menyamarkan dirinya agar orang tersebut membuka virus tersebut. hal ini juga berlaku untuk folder yang memiliki ekstensi, mengapa? karena folder sendiri tidak memiliki ekstensi mas.. tapi untuk folder lebih mudah diketahui jika icon folder anda telah diganti dengan icon lain apalagi dengan menggunakan warna laen(biasanya pake icon tweaker, ato style xp). biasanya virus menyamar dengan menggunakan icon folder yang berwarna kuning seperti windows XP default.

Untuk virus yang menyamar pake icon word ada 2,icon word office XP dan icon word office 2003. jadi kalau salah satu icon word anda berbeda,coba dicek kembali.

contoh virus yg lagi naek daun : winsysgen.exe dari microtech

intinya cuma 3…
winlogon.exe lokasi di system32/winlogon
winsys.scr di system32
empty.pif di startup

dia cuma infect flashdisk doang sih…
jg bikin PC lambat…

ini cuma contoh penyebaran tanpa harus mengeksekusi file, tapi autorun saat flashdisk dimasukkan pad window explorer

Tips Praktis Merawat Notebook atau laptop
« pada: Februari 05, 2007, 06:20:26 pm »

Ngga tau apakah forumnya tepat apa ngga, yg pasti ini tetap ana postingkan. klo salah ya pindah aja…

Tips Praktis Merawat Notebook atau laptop

Perawatan dan pemeliharaan notebook harus menjadi perhatian utama pengguna, khususnya jika notebook atau laptop itu sering dibawa kemana-mana. Bagaimana agar notebook Anda memilikikinerjanya tetap optimal dan selalu tampak mengkilat?
Tulisan ini mengulas berbagai tips sederhana dalam merawat dan menghindarkan laptop Anda dari kerusakan dini. Ini akan berguna dalam menambah umur laptop Anda.

1. Tidak sembarangan mendownload software gratis dari internet.
Terlebih lagi misalnya software yang seolah-olah sebagai suatu antivirus. Gunakan software- software yang telah Anda dapatkan dari paket laptop yang Anda beli. Risiko virus bisa merusak ke dalam laptop Anda jika Anda sembarangan menggunakan software dari internet. Jika Anda tetap ingin menggunakan software hasil download, maka pastikan sudah Anda scan software tersebut dengan antivirus yang Anda miliki.

2. Jangan letakkan laptop di lantai.
Ketika laptop Anda di lantai, maka risiko laptop terinjak kaki orang, anak Anda, atau binatang peliharaan akan sangat besar. Anak kecil akan mengira laptop Anda mainan dan binatang peliharaan Anda bisa saja merusak bagian-bagian tertentu dari laptop. Selain itu laptop yang diletakkan di lantai akan cepat kotor oleh debu.

3. Gunakan stabilizer
Jika Anda sedang bekerja di laptop dengan menggunakan listrik (tanpa baterai), maka sebaiknya gunakan stabilizer yang bisa mencegah terjadinya tegangan listrik yang tidak stabil ke laptop Anda.

4. Jangan letakkan benda apapun di antara keyboard dan layar laptop.
Seringkali seseorang yang menggunakan laptop, kemudian meletakkan kertas-kertas di atas keyboard laptop, kemudian menutup laptopnya. Hal ini sangat berbahaya, karena risiko layar tergores menjadi besar. Tentunya Anda tidak ingin mengganti layar laptop gara-gara tergores bukan?

5. Jangan letakkan laptop Anda pada permukaan yang terlalu empuk.
Misalnya laptop Anda letakkan pada sofa yang sangat empuk, sehingga laptop menjadi terlihat agak tenggelam di dalam sofa. Ini adalah sangat berbahaya, karena dapat menghambat keluarnya panas dari dalam laptop dan menjadikan laptop Anda kepanasan.

6. Berhati-hatilah ketika membawa laptop Anda di dalam tas.
Jangan gunakan sembarang tas untuk membawa laptop Anda. Gunakan tas yang memang digunakan untuk laptop sehingga benda-benda lainnya tidak akan menggores bagian-bagian tertentu pada laptop.

7. Jangan pernah minum atau makan atau meletakkan minuman yang mengandung cairan di sekitar laptop. Ini sangatlah berbahaya, karena laptop sangat peka terhadap cairan yang mengenai laptop, misalnya saja cairan yang masuk ke dalam keyboard.

8. Jangan pernah berusaha untuk membongkar laptop Anda sendiri.
Ini merupakan tindakan yang sangat tidak bijaksana. Laptop bukanlah seperti radio atau tape recorder biasa. Banyak bagian-bagian yang sangat kecil yang dari pabriknya saja sudah dirakit dengan menggunakan presisi robot. Jika Anda ceroboh, maka laptop Anda bisa rusak parah. Bawalah selalu laptop yang rusak ke dealer atau service center dari laptop Anda.

Beberapa langkah praktis dibawah ini barangkali bisa Anda coba untuk merawat notebook Anda.

1. Merawat casing notebook
Casing merupakan bagian notebook yang berhubungan secara langsung dengan dunia luar (debu, uap air, dan suhu). Karena itu, secara teratur, bersihkan casing notebook Anda dengan menggunakan kain lembut yang dibasahi sedikit deterjen. Sebaiknya, gunakan deterjen yang tidak mengandung zat alkalin. Akan lebih baik lagi jika Anda menggunakan lap khusus yang bisa didapat di toko-toko komputer.
Juga, agar casing tampak selalu baru, hindari menggores casing dengan benda tajam atau menuangkan cairan seperti lem ke atasnya. Jika Anada hendak bepergian, masukkanlah selalu notebook Anda pada wadah/ tas yang telah disediakan.

2. Merawat Layar
Kebanyakan notebook menggunakan layar LCD (Liquid crystal display) atau layar kristal cair. Sperti tercermin dalam namanya, LCD dibentuk oleh cairan kristal untuk menghasilkan gambar. Karena tipis atau rapuh jagalah agar layar tidak terkena benda-benda tajam khususnya yang bisa menimbulkan lubang atau goresan. Jika harus menunjuk sesuatu pada layar denga jari atau pulpen, jagalah agar pulpen atau jari kita tidak mengenai layar atau menekannya terlalu keras. Untuk membersihkan layar, gunakan kain lembut yang kering. Ingatlah untuk tidak menekan layar terlalu keras saat membersihkan layar. Bersihkan layar dari satu arah, misalnya dari atas ke bawah atau dari kiri ke kanan.

3. Merawat batere
a. Saat mulai mengisi batere, jangan gunakan batere sebelum terisi penuh. Jika Anda menggunakan batere baru yang akan diisi pertama kali, batere itu mungkin tidak terisi sepenuhnya karena karakteristik bahan kimia di dalamnya. Untuk mendapatkan kinerja yang optimal, seluruh sel batere tersebut harus diaktifkan. Caranya adalah dengan mengisi dan mengosongkan sepenuhnya batere notebook Anda sebanyak tiga kali berturut-turut. Hal ini juga berlaku untuk batere yang lama tersimpan atau tidak terpakai selama beerapa bulan.
b. Jika Anda menggunakan betere Nikel Metal Hydrida (Ni-MH), cobalah untuk mengosongkan batere Anda sepenuhnya setiap beberapa waktu (minggu/bulan) sekali. Pengosongan total ini ditandai modus hibernasi atau indikator batere menunnjukkan tingkat 0%. Pada situasi ini, Anda bisa mencolokkan adapter notebook Anda dan mengisi batere sampai indikator menunjukkan tingkat 100%.
c. Jika berencana menyimpan notebook Anda dalam jangka waktu lama, lepaskan batere dari notebook dan simpan dalam tempat yang sejuk dan kering. Tempat yang bisa dipakai untuk menyimpan batere ini misalnya ruang berpendingin udara atau ruang dengan sirkulasi udara yang cukup baik.

4. Merawat notebook secara umum
Notebook tersusun dari aneka komponen elektronik yang kinerjanya dipengaruhi oleh suhu. Suhu yang terlalu ekstrim (misalnya terlalu panas atau terlalu dingin) bisa mengganggu kinerja atau bahkan merusak notebook. Karena itu, jangan meninggalkan notebook Anda dalam mobil yang diparkir di bawah sinar matahari. Panas yang berlebihan dalam mobil bisa merusak komponen-komponen dalam notebook.
Selain itu, untuk melindungi data yang ada di dalam harddisk, jangan letakkan aneka perangkat yang mengandung atau menghasilkan medan magnet/elektromagnet kuat di sekitar notebook Anda, Perangkat-perangkat penghasil medan magnet ini misalnya speaker yang tidak berpelindung (unshielded speaker system) atau telepon selular. Sekiranya Anda ingin mengakses Internet menggunakan fasilitas infrared pada ponsel, letakkan ponsel dalam jarak sekitar 15 cm dari notebook Anda.

Hal lain yang tidak kalah pentinnya adalah pertimbangan untuk tidak mematikan notebook saat lampu indikator harddisk masih berkedip-kedip. Jika lampu masih berkedip-kedip semacam ini, artinya harddisk Anda sedang melakukan aktivitas. Hilangnya daya secara tiba-tiba (misalnya saat notebook dimatikan) bisa mengakibatkan kerusakan data atau gangguan apda kinerja harddisk. Pastikan bahwa lampu indikator harddisk telah mati dan harddisk Anda telah berhenti beraktivitas sebelum Anda mematikan notebook. Dan jika Anda hendak memindahkan atau memasukkan notebook ke dalam tas, pastikan bahwa notebook Anda sudah dimatikan.

Jika dirawat dengan seksama, kinerja notebook bisa tetap tinggi setelah bertahun-tahun. Ingatlah bahwa jika notebook kita tetap berjalan sempuna setelah sekian lama, kita sendirilah yang akan merasakan manfaatnya.

Awas Virus !
Posted on April 16th, 2008 in KompuTips by taufiq

Virus komputer memang mengganggu aktivitas kita sehari-hari. Virus komputer cepat menyebar tanpa sepengetahuan kita, bisa melalui komputer, USB-Flash, dll. Salah satu media lain penyebaran virus komputer adalah e-mail. File attachment pada e-mail terkadang adalah file yang berisi virus komputer.

Apa saja tanda-tanda atau gejala umum adanya virus di komputer kita ?, berikut ini cara mengetahuinya :
Proses loading lebih lambat dari biasanya dan berlangsung terus menerus.
Sering terjadi komputer mendadak berhenti (hanging).
Komputer mendadak restart sendiri dan terjadi beberapa menit tertentu, hingga akhirnya hanging.
Aplikasi komputer tidak berjalan dengan semestinya.
Harddisk atau disk-drive tidak bisa diakses.
Sering terjadi pesan error dan tidak biasanya.
Sering terlihat menu atau dialog box yang kacau.

Ingat !, hal tersebut diatas adalah hanya gejala umum bahwa suatu komputer terinfeksi oleh virus. Tetapi jangan terlalu mudah serta-merta menyimpulkan bahwa komputer terkena virus. Mengapa ?, karena disamping gangguan virus, gangguan lainnya adalah akibat terjadi kerusakan fisik pada hardware atau software yang ada pada komputer itu sendiri.

Solusi utamanya ialah dengan melakukan instalasi antivirus yang selalu update atau minimal mempunyai back-up data (recovery). Bila terjadi masalah pada komputer Anda, konsultasikan kepada yang ahli di bidang komputer (hardware) .
Semoga bermanfaat. (taufiq.lib.unair.ac.id)

Amankan Laptop !
Posted on April 16th, 2008 in KompuTips by taufiq

Laptop atau Notebook Computer, saat ini adalah suatu barang kebutuhan. Tak bisa dipungkiri, sering ada perasaan khawatir ketika harus membawa laptop saat bepergian. Selain masalah gangguan fisik barang (resiko benturan), laptop juga tak luput dari incaran pencuri. Bukannya curiga terhadap semua orang seh .. tapi apa salahnya kalau kita bertindak antisipatif. Berikut tipsnya :

1. Tas Bukan Bawaan

Saat bepergian membawa laptop, gunakan tas atau ransel yang tidak terlalu mencolok perhatian, sehingga orang-orang tidak akan menyangka bahwa isi tas atau ransel tersebut adalah laptop. Tas bawaan dari toko yang bertuliskan merek laptop biasanya beresiko tinggi, karena pencuri tahu bahwa tas itu berisi laptop. Oleh karena itu, lebih baik diusahakan menggunakan tas lain atau ransel yang biasa-biasa saja untuk membawa laptop. Namun, sebaiknya Anda juga memilih tas atau ransel yang memang mempunyai space khusus untuk menempatkan laptop. Tujuannya adalah agar posisi laptop lebih aman, mantap, dan tidak mudah goyah ketika dibawa saat perjalanan.

2. Perhatian Lebih

Jangan sekalipun kehilangan perhatian terhadap laptop Anda. Awasi terus keberadaannya di manapun Anda berada. Misalnya ketika melewati bagian pemeriksaan keamanan, pastikan bahwa Anda yang memegang kendali atas laptop Anda, bukan petugas pemeriksaan. Bahkan di tengah keramaianpun, pegang erat laptop Anda dan jangan lupakan keberadaannya.

Tips Mempercepat Koneksi Internet

Secara default, untuk koneksi internet, Windows membatasi sampai dengan 20% dari total bandwidth. Dengan kondisi seperti ini masih mungkin untuk mempercepat koneksi internet dengan mengurangi limit tersebut atau bahkan mengosongkannya. Ikuti salah satu tips mempercepat koneksi internet di samping tips-tips lainnya bersama Tips n Trik Komputer.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

1. Klik Start >> Run >> kemudian ketik gpedit.msc dilanjutkan dengan menekan OK atau ENTER hingga akan muncul jendela group policy editor.

2. Kemudian klik Computer Configuration >> Administrative Templates >> Network >> Qos Packet Scheduler >> hingga tampilannya seperti di bawah ini.

3. Kemudian pada kolom sebelah kanan klik double “Limit reservable bandwidth” hingga muncul jendela Limit reservable bandwidth Properties, seperti di bawah ini.

4. Kemudian pilih enabled dan pada Bandwidth limit (%) isi dengan nilai yang minimal jika perlu nol.

5. Kemudian tekan OK atau Apply.

6. Restart PC atau laptop Anda.

7. Selesai
8. Sekarang, pastikan Anda mendapati koneksi internet yang lebih cepat.

MANIPULASI ICON DENGAN SCREENSHOT DESKTOP

Desktop merupakan tempat icon-icon atau shortcut. Dengan icon atau shortcut, kita dapat menjalankan aplikasi (program) atau memanggil file/folder dengan cepat tanpa harus melalui “ritual” konvensional (Start > Pilih Program > …….). Bagaimana seandainya. icon yang dieksekusi tidak beraksi apa-apa? Yang jelas, kita akan bingung atau bahkan menganggap komputer hang atau bahkan rusak.
Pada tips dan triks kali ini, kita akan membuat icon yang berusaha dieksekusi user / orang lain tidak bereaksi apa-apa, yaitu dengan cara menjadikan screenshot desktop sebagai background.

Aplikasi yang dibutuhkan sudah “build in” seperti MS Paint atau dapat juga menggunakan pengolah gambar yang lain, seperti Ulead Photo Impact, Adobe Photosop, dan lain-lain.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

1. Tutup semua aplikasi yang mungkin masih berjalan kemudian tekan Print Screen pada keyboard.
2. Buka MS Paint (atau pengolah gambar lain) dengan mengKlik Start > Program > Accesoriess > Paint seperti gambar di bawah ini.
3. Kemudian pada MS Paint, pilih menu Edit pilih Paste sehingga gambar desktop (screenshot) berada di lembar kerja MS Paint.
4. Selanjutnya simpan gambar tersebut dengan memilih File > Save As > pilih folder tempat menyimpan gambar tersebut.
5. Selanjutnya, pada MS Paint, pilih File > Save As Background (Centered).
6. Tutup MS Paint.
7. Selanjutnya pada area kosong di desktop, klik kanan pilih Arange Icon by klik Show Desktop Icon (dengan tujuan menyembunyikan icon). Maka background berupa screenshot desktop sudah tampil beserta “icon-icon”nya seperti gambar di bawah ini.
8. Coba sekarang klik salah satu icon. Apa yang terjadi adalah icon tersebut tidak bereaksi apa-apa.
9. Untuk mengembalikannya (agar icon bisa diakses/dieksekusi) klik kanan pada area kosong pada Desktop kemudian pilih Arange Icon by kemudian klik pada Show Desktop Icon (menampilkan kembali icon pada desktop)
(Sumber : PC Mild)

Tips Basi GPRS Gratis …
Written by cepi

Bagi kamu yang lagi nyari-nyari cara GPRS gratis, dan ingin mencoba bagaimana senengnya menikmati GPRS gratis, silahkan coba-coba aja tips basi GPRS gratis di bawah ini. Kenapa basi? Tips ini dah lama banget, jadi mungkin aja semua kebocoran sudah ditambal/ di patch oleh operator yang bersangkutan, namun bisa dipastikan beberapa orang mungkin puluhan orang se-Indonesia, emang pernah sukses dengan tips ini dan menikmati gprs gratis, termasuk penulis sendiri, he…he…

Lalu kenapa Tips Basi masih juga ditulis? Soalnya menurut pengalaman beberapa orang, di daerah- daerah tertentu tips-tips ini masih ampuh, alias berhasil dipakai? Mau coba? Cuma satu syaratnya bila kamu nggak berhasil, sabar aja yaa…. namanya juga tips basi, Tapi kalo kamu berhasil, tolong sharing dengan yang lain biar ilmunya merata.

Perlu diingat, ini semua cuma sekedar buat pembelajaran semata. Bagaimana pun pake GPRS yang berbayar itu lebih nyaman dan lebih stabil, tapi… kalo ada yang gratis, kenapa mesti bayar, iya nggak?

Silahkan coba tips basi berikut :

Fre***N
Di setingan browser kamu isilah Manual Proxy 203.160.1.146 dan Port 554
Di setingan modem kamu, isilah “AT+CRM=1” tanpa tanda kutip pada bagian Extra Initialization Commands.
Beres dech, cuma segitu. Sekarang coba kamu melakukan dial up dengan username:m8 password:m8 dial: #777, lalu buka browser kamu (dianjurkan Firefox) dan mulai browsing, bila gagal coba connect/disconnect beberapa kali.

3 (Thr****E)
Pastikan Acces Point Name 3mms
Pada setingan browser masukan DNS 1 : 208.67.229.229, DNS2: 208.67.227.227 atau 6 digit terakhir bisa diganti.
Lakukan dial up dengan username dan passwors 3mms
Kalau sudah connect, pastikan kamu mendapat client IP 10.25.*.*
Lakukan connect / disconnect sampe kamu dapat client IP 10.25.*.*
Dianjurkan memakai Firefox

Atau cara lain
Pastikan Acces Point Name 3gprs
Di setingan browser kamu isilah Manual Proxy dengan Proxy dari Timur Tengah dan Port 443 atau port 53
Lakukan dial up dengan username dan passwors 3gprs
Dianjurkan memakai Opera 5 ke bawah

X***L
Singkat aja : isikan proxy 195.175.37.71 dan port 8080
Dial up seperti biasa.
Dianjurkan memakai Opera + Hape Symbian

Atau
Pastikan APN http://www.xl3g.net terus Proxy 554 atau 551

IM****3
Ini dah lama banget, tapi kalo mau coba…
APN=www.indosat-m3.net
URL=wap.m3-access.com
IP=290.063.054.053 dan port IP=9201
Dianjurkan IE
Itulah tips basinya, ….. penulis sendiri masih sering kok pake yang gratisan, tapi nggak dijadikan sebagai pilihan utama. Bagaimanapun yang berbayar tentu lebih baik, stabil, dan bisa diandalkan saat kita membutuhkannya.

Penyebab Komputer Hang
Fatal error: the system has become unstable or is busy atau Enter to return to Windows or press Control-Alt-Delete to restart your computer. If you do this you will lose any unsaved information in all open applications.
Atau pun Blue Screen adalah kejadian umum yang sering kita lihat sebagai penguna Produk Ms Windows. Apa yang harus kita lakukan apabila mendapat masalah tsb ? yang lebih penting, bagaimana cara mencegahnya ?

1. Hardware Conflict
Alasan pertama mengapa Windows bisa mengalami Crash adalah konflik pada hardware.Setiap hardware berkomunikasi dengan perangkat lain melalui IRQ (interrupt request channel) dan harus uniqe untuk setiap perangkat. Conto Printer biasanya menggunakan IRQ 7, Keyboard menggunakan IRQ 1, Flooy menggunakan IRQ6. Setiap perangkat menggunakan IRQ nya masing2 secara otomatis. Apabila komputer anda memiliki banyak perangkat atau perangkat tidak terinstall dengan baik, maka yang terjadi adalah adanya pembagian IRQ untuk lebih dari 1 perangkat. Dan saat anda mengakses ke-2 perangkat yang menggunakan IRQ yg sama tsb maka akan ada kemungkinan Windows akan Crash.

2. Bad Ram
RAM (Random Access Memory) memiliki kemungkinan menyebabkan Blue Screen pada windows anda. Fatal Error dari RAM biasanya di sebabkan oleh perbedaan Chip yang ada pada memory. Contoh apabila menggabungkan 70ns RAM dengan 60ns RAM akan memaksa RAM tsb bekerja lebih lambat dan efeknya akan membuat RAM menjadi crash.

3. BIOS settings
Setiap Motherboard memiliki settingan Chipset sesuai dengan pabrik buatan masing2. Setiap anda memasuki BIOS anda harusn ingat untuk berhati2 dalam menyetting konfigurasi karena apabila konfigurasi anda salah maka akan menyebabkan ketidakstabilan pada pc dan crash.

4. Hard disk Drive
Setiap beberapa minggu, data dalam harddisk pasti akan menjadi terpecah pada tiap inodenya. Sangat disarakan untuk melakukan Degratment setiap minggu untuk mencegah harddisk yang sering freeze / hang. Tindakan defragment akan mencegah pc anda dari masalah freeze yang berkeseringan.

5. Fatal OE exceptions and VXD errors
Ini biasanya disebabkan oleh masalah pada VGA anda. VGA meruapakan salah satu hardware yang sering sekali menyebabkan masalah pada pc anda. Lakukan instalasi Drive yang benar pada VGA . Apabila pc anda mengalami screen freeze / hang maka kemungkinan ada hardware conflict pada vga anda.

6. Virus
Infeksi virus akan menyebabkan ketidakstabilan pada pc. beberapa virus menghapus boot sector pada harddisk dan membuat nya tidak bisa untuk dijalakan. Selalu ingatkan diri anda untuk menyediakan Boot Startup Script karena akan sangat membantu untuk mengembalikan Boot Sector anda.

7. Printers
Printer hanya memiliki memory yang kecil yang biaa kita sebut Buffer. Ini gampang sekali bermasalah. Melakukan print dokumen biasanya menggunakan sebagaian dari Power CPU. Ini akan menyebabkan kelambatan pada pc. Jika printer mencoba untuk melakukan Print thd kata yang tidak dikenal maka akan ada kemungkinan untuk menyebabkan crash pada pc. Usahakan untuk menghilangkan Buffer terlebih dahulu lalu lakukan restore pada printer anda.

8. Software
Crash pada bagian ini biasanya di sebabkan oleh jeleknya cara penginstalan software.Gunakan Registry Cleaner untuk membersihkan komputer anda.Apabila anda merusak Registry anda maka Install ulang adalah satu2nya cara maka berhati hati lah.

9. Overheating
CPU biasanya dilengkapi oleh kipas pendingin. Apabila kipas pendingin mati, maka CPU akan mengalami Overheat dan memunculkan eror Kernel Error. Masalah CPU dapat di selesaikan dengan mendisable CPU Internal Cache, ini akan membuat komputer lebih lambat dalam beroperasi namun lebih stabil.

10. Power Supply Problem
Kejutan / gelombang listrik dapat menyebabkan crash pada komputer. Apabila ini menjadi masalah bagimu maka solusi yang paling baik adalah menggunakan UPS System pada cpu anda.Ini akan menjadi investasi yang baik apabila anda memiliki data data penting karena listrik dapat menyebabkan kerusakan serius pada pc anda.

Optimalisasi Komputer
March 11th, 2008
Filed under: Tips And Tricks PC ( Windows ) — Ian_ICT @ 3:09 pm — View blog reactions

Optimalkan Kecepatan Tranfer Data
Masuk ke System Properties, pilih Device Manager, klik dua kali CD-ROM lalu centangkan DMA dan ok, apabila tidak kestabilan kembalikan seperti semula
Pada Disk Drive klik dua kali pilih tipe Harddisk, Properties dan lakukan sama seperti CD-ROM.

Tingkatkan Performa Komputer
Run à C:\Windows\System.ini
Cari [386Enh], lalu tambahkan dibawahnya seperti ini :
[386Enh]
32BitDiskAccess=on
DMABufferSize=64
MinTimeSlice=40
LocalLoadHigh=1
ConservativeSwapfileUsage=1
PageBuffers=32
KeyBoostTime=0.1
EMMEExclude=A000-FFFF

Cari [vcache] , lalu tambahkan dibawahnya seperti ini :
MinFileCache=512
MaxFileCache=32768
ChunkSize=512
Klik File\Save
Klik kanan My Computers\Properties, pada tab Performance pilih Virtual Memory.
Pilih Let me specify my own virtual memory setting, dan isilah dengan sebanyak dua kali dari memory yang digunakan pada komputer.
Pilih File System, pada tab CD-Rom kurangi supplemental cachenya kesebelah kiri atau full kekiri, cara ini akan meningkatkan memory tanpa mengguragi kinerja CD-Rom
Pada Removable Disk berilah tanda centang dan restart komputer.
Pada Tab Harddisk pada Typical role of disk computer pilihnya network server. Hal ini sangat berguna bagi yang memiliki memori mulai dari 128 mb keatas ok, lalu restart. Untuk komputer lawas rubah kedalaman warna ke 16-bit, hal ini pun akan menigkatkan kinerja pc.

Percepat StarUP
Star\Run
Ketik Msconfig
Pilih Tab Starup, hilangkan tanda centang yang dianggap tidak perlu untuk ditampilkan kecuali : LoadPowerProfile,Systray,Program Antivirus (sesuai keinginan ) Klik Ok dan Restart, usahakan jangan terlalu banyak yang dicentak karna ini akan menambah resource memory ( karna akan meningkatkan kinerkerja komputer)
Masuk ke System Properties di My Computer lalu pilih properties
Pada tab Performance pilih File System
Di tab Floppy Disk hilangkan tanda centang.

Mengenali Virus di komputer Anda

Kali ini kita akan bahas seputar virus. Udah ngga asing lagi terntunya soal yg satu ini. Jangan bingung klo seandainya komputer kamu terkena virus. kepanikan hanya akan membuat kita jadi lebih bingung apa yg harus kalian lakukan. Seperti yg sudah pernah kita bahas sebelumnya. Hal pertama yg harus dilakukan dalam melakukan perbaikan atas kerusakan komputer adalah “Jangan Panik”. Selanjutnya ikuti langkah-langkah berikut untuk mengenali apakah komputer anda terinfeksi virus atau tidak.

Mendeteksi keberadaan virus adalah hal yg mudah. Cukup dengan mengetahui process-process yg dijalankan oleh komputer anda, maka anda dapat memastikan apakah komputer anda terinfeksi. Bagaimana melihatnya..?? Untuk sistem operasi yg berbasis windows, anda dapat mengetahui proses ini dengan menjalankan fungsi task manager. Caranya tekan tombol “CTRL + ALT +Del” yang ada di keyboard anda secara bersamaan. Selanjutnya akan muncul jendela task manager. Pilih tab processes untuk mengatahui process yang sedang dijalankkan pada komputer.
Pada tampilan tersebut dapat dijelaskan bahwa ada 4 kategori proses yg dijalankan yaitu System, Local Service, Network Service, dan User Account (nama account anda).
perhatikan pada bagian user. Umumnya virus membuat nama yg sama dengan proses yg dijalankan oleh sistem, misalnya : ‘Isass.exe, svchost.exe’. Nah, disinilah kita harus jeli dalam mengamati proses ini. Carilah proses yg memilik nama sama, namun dijalankan oleh user. Itulah virus yg sedang bekerja. Segera saja klik namanya lalu pilih “End Process”. Tips lainnya yaitu, virus menggunakan nama-nama yg aneh. Misalnya, virus brontox menggunakan nama Sempalong.exe, Brengkolang.com, Eksplorasi.exe, Empty.pif, dll. Beberapa virus baru, menggunakan ekstensi scr, exe, bat, com, dan pif. Kalo sudah ketemu, mana yg anda anggap sebagai virus, jangan ragu-ragu untuk klik dan matikan procesnya. Tapi, kita harus tetap berhati-hati dalam mengenali virus ini. Apabila ternyata itu file yg dijalankan oleh Windows, maka bisa saja komputer anda akan restart, maupun shutdown.

Ada cara yg lebih mudah untuk mengenali virus ini dengan menggunakan software pendeteksi process di Windows. Namanya process explorer, bisa di download di alamat ini. http://www.sysinternals.com . Software ini mengenali setiap process yg berlangsung dalam komputer anda. Informasi yg diberikan lebih lengkap daripada Windows Task Manager. Process tidak hanya berisi Nama Process, dan Account yg mengeksekusinya tetapi juga berisi posisi lokasi file, Nama pembuat, serta deskripsi singkat tentang process tersebut. Berikut gambar dari process explorer :

Dalam mendeteksi virus ini dengan software ini, kita sangat dipermudah. Arahkan mouse anda pada process yg sedang berlangsung, maka akan tampil sebuah tooltip yg berisi letak dimana file itu berada. Jadi, kita bisa dengan mudah menemukan file virus tersebut, dan segera menghapusnya. Biasanya saya mengenali virus ini dari posisi filenya yg berada di folder system32. Selain itu File virus tidak mempunyai description dan Company Name (klik pada gambar untuk memperbesar). Untuk memastikannya, anda dapat mengecek pada lokasi file tersebut. Umumnya file virus bersifat hidden. Hal ini yg menjadi kelemahan dari virus tersebut karena kita dapat dengan mudah membedakannya antara file Windows dan file virus itu sendiri. Untuk menampilkan hidden file. Anda harus mengaktifkan satu setting yg terletak di Folder Options. Buka Windows Explorer, Pilih Tools lalu Folder Options. Klik pada tab View, dan cari tulisan Show hidden files and Folders. Aktifkan dengan mengklik tulisan tersebut. Kemudian, non-aktifkan fungsi Hide Protected Operating Systems Files (recommended). Lalu klik OK. Nah, lihatlah banyak file yg tadinya tidak terlihat jadi bermunculan dengan gambar yg samar-samar. Eits..beberapa file yg muncul tadi, ada file yg sengaja disembunyikan oleh Microsoft demi keamanan.

Kembali, ke topik awal, setelah kita mengetahui file2 yg dianggap virus dengan software process explorer, segera saja anda mencari ke lokasi file tersebut. Sebelum menghapusnya, jangan lupa untuk mengkill process virus tersebut. Caranya klik Kanan, lalu pilih end process Tree. Nah, segera kamu hapus file tersebut dengan menekan delete. Jangan kelamaan, karena biasanya virus akan segera aktif kembali. Hal yg perlu diingat pula. Jangan pernah melakukan klik kiri, setiap mengklik virus. Biasakan menggunakan klik kanan, agar anda tidak salah klik. Yg tadinya kita ingin mematikan virus, yg ada malah virus jadi aktif lagi. Hapus semua file yg terdeteksi di process Explorer.

Umumnya, virus diletakkan pada folder :

“Windows”

“Windows-System32″,

“Documents and Settings\NamaUser\Start Menu\Programs\Startup\”

Windows-ShellNew,dan

“Documents and Settings\NamaUser\Local Settings\Application Data\”

Langkah terakhir yaitu membersihkan sisa2 virus yg ada pada msconfig dan registry. Untuk mengaksesnya silakan anda mengklik Menu Start-Run. Lalu ketikkan “msconfig” Setelah jendela msconfig keluar, pilih tab StartUp. Pada bagian Startup item, nonaktifkan semua file yg berkaitan dengan virus. Anda dapat men-nonaktifkan semuanya kalo mau. Tidak akan terjadi crash pada system anda. Setelah men-nonaktifkannya segera saja klik OK. lalu pilih Exit without restart.

Bersihkan pula file pada registry anda. dengan cara mengetikkan “Regedit” pada menu Run (sama seperti membuka msconfig). Setelah jendela registry terbuka, cari tempat-tempat berikut :

HKEY_LOCAL_MACHINE\software\microsoft\windows\currentversion\run\

HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\Winlogon\Shell

HKEY_CURRENT_USER\software\microsoft\windows\currentversion\run\

HKEY_CURRENT_USER\software\microsoft\windows\currentversion\Policies\System\

HKEY_CURRENT_USER\software\microsoft\windows\currentversion\Policies\Explorer\

hapus informasi yg berkaitan dengan virus tadi. Jangan menghapus folder yg terletak pada jendela di sebelah kiri, tetapi hapus yg ada disebelah kanan. Misalnya : Tok-Cirrhatus, DisableCmd, Hidden, dll. Jika anda tidak yakin, jangan berusaha untuk menghapus file tersebut. Biarkan saja, yg penting anda sudah menghapus file2 virus yg terletak di folder2 pada Windows Explorer tadi.

Kunci Folder “Rahasia” Anda…
User Rating: / 1
PoorBest
Saturday, 19 April 2008 21:22
Written by tasikisme.com

Anda pasti punya Folder Rahasia di computer anda yang berisi file-file penting dan dokumen-dokumen pribadi? Dan anda pasti tidak menginginkan bila ada orang lain yang membuka Folder Rahasia anda dan mencuri data-data pribadi anda kan?.

Nah Trik berikut ini akan menunjukkan kepada Anda bagaimana mengunci Folder Rahasia anda, hingga tidak bisa diakses atau dibuka oleh orang lain dan data anda dijamin aman. Untuk menggunakan trik ini anda tidak memerlukan software apapun, yang anda lakukan hanya me-rename folder anda.
Inilah langkah-langkahnya.

Misalkan anda punya Folder dengan nama DataRahasia, untuk mengunci folder anda tersebut caranya sangat mudah cukup anda rename folder anda dengan memakai akhiran .{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D} misal semula folder anda bernama DataRahasia maka renamelah menjadi DataRahasia.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D} dengan pemberian nama baru tersebut (rename) itu artinya windows akan mengarahkan folder tersebut ke Control Panel. Jadi ketika ada orang yang membuka Folder DataRahasia anda, maka orang tersebut akan membuka Control Panel bukan isi folder anda. Itu artinya data pribadi anda aman dari tangan-tangan jahil.

Untuk membuka kembali Folder anda secara normal, misal anda ingin melihat data anda, cukup anda rename folder anda tadi ke nama semula, misal jadi DataRahasia seperti sebelum direname.

Tips ini berjalan dengan baik di Windows XP SP.2

Gimana? Sederhana bukan?

Catatan :

Ada banyak yang mengalami kesulitan tentang tidak bisa membuka kembali folder yang telah direname, salah satu solusi termudahnya adalah : pastikan di komputer anda terinstal program Winzip kemudian klik kanan pada folder yang tidak mau di rename misal DataRahasia.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D} kemudian klik “add to zip file” hingga akan tercipta file DataRahasia.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}.zip, setelah itu double klik file zip yang baru tercipta tersebut, dan anda akan melihat file yang terdapat dalam folder tersebut. Setelah itu di jendela Winzip, pilih menu Actions–>Select All (atau anda cukup tekan Ctrl+A) sehingga semua File dalam Winzip tersebut terpilih, setelah itu tinggal anda Drag file tersebut ke folder lain, atau ke dekstop. That’s All

5 thoughts on “TIP untuk Laptop

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s